SEJARAH PB PETRI

      Perhimpunan Peneliti Penyakit Tropik dan Infeksi Indonesia (PETRI) didirikan pada tanggal 5 Juli 1984 di Jakarta, awal berdirinya anggota PETRI hanya terdiri beberapa cabang saja yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, dan Medan. Kemudian pada Rabu, 12 Agustus 1987 dilakukan penyusunan Pengurus Besar PETRI untuk menentukan anggota PETRI seluruh cabang.

      PETRI Jakarta resmi didirikan oleh Prof. dr. Soemarsono, SpPD, K-PTI tahun 1984. Dikarenakan anggota Divisi Tropik dan Infeksi di Jakarta hanya beranggotakan 6 (enam) orang maka saat itu disepakati PETRI Jakarta dipimpin oleh Prof. dr. Iskandar Zulkarnain, DTM&H, SpPD, K-PTI, sedangkan Ketua Umum PB. PETRI adalah Prof. dr. Soemarsono, SpPD, K-PTI.

      Setelah diresmikan pada tahun 1984 PB PETRI tidak aktif atau tidak adanya kegiatan yang dilakukan. Namun setelah keluarnya SK PB PETRI No.07/SK.PB.PETRI/XII/1997 pada tanggal 31 Desember 1996 kembali aktif melakukan kegiatan.

      Dengan melakukan pemilihan Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal yang baru. Maka terpilihlah Prof. dr. R.H.H. Nelwan, DTM&H, SpPD, K-PTI untuk menggantikan kedudukan Prof. dr. Iskandar Zulkarnain, DTM&H, SpPD, K-PTI karena saat itu beliau menjabat sebagai Kepala Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi.

      Pada periode tersebut Prof. dr. R.H.H. Nelwan, DTM&H, SpPD, K-PTI menjabat selama 3 periode masa jabatan dengan Sekretaris Jenderal yang berbeda-beda. Untuk masa jabatan periode pertama Sekretaris Jenderal dijabat oleh (Alm) dr. Hendarwanto Sinarjoedo, SpPD, K-PTI dan pada masa jabatan periode kedua dan ketiga dijabat oleh dr. Toni Loho, SpPK.

      Setelah masa jabatan 3 periode Prof. dr. R.H.H. Nelwan, DTM&H, SpPD, K-PTI, PB PETRI kembali melakukan pemilihan untuk kedua kalinya. Dari hasil pemilihan tersebut terpilihlah Prof. dr. Djoko Widodo, DTM&H, SpPD, K-PTI sebagai Ketua Umum dan Prof. Dr. dr. Inge Sutanto, M.Phil, SpPar(K) sebagai Sekretaris Jenderal untuk masa jabatan 1 periode yaitu 5 tahun.

      Kemudian PB PETRI melakukan kembali pemilihan dengan Ketua Umum tetap dijabat oleh Prof. dr. Djoko Widodo, DTM&H, SpPD, K-PTI dan Sekretaris Jenderal terpilih yaitu dr. Lie Khie Chen, SpPD, K-PTI untuk masa jabatan 1 periode.

Dr.dr. Suhendro, SpPD, K-PTI
Ketua PB PETRI